Jumat, 18 November 2016

pengertian fotografi

Ada beberapa istilah dalam pengertian fotografi, secara teori fotografi berasal dari 2 suku kata yaitu photos dan graphos atau dalam bahasa Indonesia foto dan grafi. Dalam bahasa Yunani photos memiliki arti sinar/cahaya, dan graphos memiliki arti menulis, melukis atau menggambar. Jadi pengertian fotografi adalah menulis/melukis dengan bantuan cahaya yang dalam perekamannya melalui sebuah media kamera yang kemudian media/alat ini akan mendistribusikan cahaya suatu bahan peka cahaya yang bernama film/klise (kamera analog) atau sensor (kamera digital).
Berikut adalah pengertian "Fotografi" menurut para ahli:


 “Photography is more than a medium for factual communication of ideas. It is a creative art.” (Ansel Adams)
Fotografi lebih dari sekedar sebuah sarana ide komunikasi faktual. Fotografi adalah sebuah seni kreatif.
“Photography, as a powerful medium of expression and communications, offers an infinite variety of perception, interpretation and execution.”  (Ansel Adams)
Fotografi sebagai media berekspresi dan komunikasi yang kuat, menawarkan berbagai persepsi, interpretasi dan eksekusi yang tak terbatas.
“To me, photography is an art of observation. It’s about finding something interesting in an ordinary place.. I’ve found it has little to do with the things you see and everything to do with the way you see them.” (Elliott Erwitt)
Menurut darwis triadi, Pengertian Fotografi, Fotografi berasal dari 2 kata yaitu Photo yang berarti cahaya dan Graph yang berarti tulisan / lukisan. Dalam seni rupa, fotografi adalah proses melukis / menulis dengan menggunakan media cahaya. Sebagai istilah umum, fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu obyek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai obyek tersebut pada media yang peka cahaya. Alat paling populer untuk menangkap cahaya ini adalah kameram Jadi dapat disimpulkan bahwa tidak ada cahaya, berarti tidak ada foto yang bisa dibuat.Prinsip fotografi adalah memokuskan cahaya dengan bantuan pembiasan sehingga mampu membakar medium penangkap cahaya. Medium yang telah dibakar dengan ukuran luminitas cahaya yang tepat akan menghailkan bayangan identik dengan cahaya yang memasuki medium pembiasan (selanjutnya disebut lensa)

0 komentar:

Posting Komentar